Katuk (Sauropus Androgynus)

katuk

Katuk

Daun Katuk kering harga Rp /kg
Daun Katuk serbuk harga Rp /kg
Daun Katuk ekstrak harga Rp /kg

Kandungan Daun Katuk (Sauropus androgynus) antara lain juga senyawa fitokimiaseperti : saponin, flavonoid, dan tanin, isoflavonoid yang menyerupai estrogen dan ternyata mampu memperlambat berkurangnya massa tulang (osteomalasia), sedangkan saponin terbukti berkhasiat sebagai antikanker, antimikroba,dan meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

Berikut adalah manfaat daun katuk bagi kesehatan:

  1. Mencegah osteoporosis.
  2. Efektif melancarkan ASI.
  3. Mengandung kadar kalsium yang tinggi.
  4. Mengandung efedrin yang sangat baik bagi penderita influenza.
  5. Kaya senyawa yang dapat meningkatkan mutu dan jumlah sperma, serta mampu membangkitkan vitalitas seksual.
  6. Terdapat tujuh senyawa aktif yang merangsang produksi hormon-hormon steroid dan senyawa eikosanoid.
  7. Sebagai Sumber vitamin A yang diperlukan tubuh untuk mencegah penyakit mata, pertumbuhan sel, sistem kekebalan tubuh, reproduksi, serta menjaga kesehatan kulit.
  8. Senyawa utama tubuh untuk pembuatan kolagen (protein berserat pembentuk jaringan ikat pada tulang), pengangkut lemak, pengangkut elektron, pemacu gusi yang sehat, pengatur tingkat kolesterol, serta pemacu imunitas. Juga untuk meningkatkan fungsi otak agar dapat bekerja maksimal.
  9. Daun katuk kaya akan klorofil yang bermanfaat membersihkan jaringan tubuh dan tempat pembuangan sisa limbah metabotisme, sekaligus mengatasi parasit, bakteri, dan virus yang ada dalam tubuh manusia. Turunan klorofil feoditin berfungsi sebagai antioksidan. Turunan lainnya chlorophyllide menggali ke dalam sel atau jaringan dan mengangkat senyawa hidrokarbon, seperti pestisida, timbunan obat, parasit, bakteri, bahkan virus dari dinding sel serta mengeluarkannya dari dalam tubuh.
  10. Di taiwan dan di amerika daun katuk ini di gunakan sebagai pelangsing tubuh (Obat anti obesitas).
  11. Daun katuk  dapat menanggulangi penyakit kurang darah atau anemia karena setiap 100 g zat daun katuk mengandung sekitar 2.7 mg zat besi. Sementara kandungan kalsium daun katuk sebanyak 204 mg atau empat kali lebih tinggi dibandingkan kandungan mineral dari daun kol. Sedangkan manfaat lain dari daun katuk adalah, menghambat penyakit jantung serta ganguan pembuluh darah. Katuk juga meningkatkan efisiensi absorpsi saluran pencernaan.