Liputan Tentang Daun Bidara di “Laptop Si Unyil”

bidara

Daun Bidara atau sidr (Ziziphus mauritiana) adalah salah satu tanaman yang disebutkan dalam Al-Qur’an:

“Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada di antara pohon bidara yang tidak berduri, dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya), dan naungan yang terbentang luas,dan air yang tercurah, dan buah-buahan yang banyak,” (QS. Al-Waqi’ah : 27-32)

Si Unyil - Pak RadenDaun bidara biasa digunakan untuk pengobatan terapi ruqyah/detoksifikasi spiritual, yang bahkan sudah digunakan sejak jaman Nabi Muhammad SAW. Sayangnya kebanyakan daun Bidara yang digunakan di Indonesia masih diperoleh dari luar negeri (Timur Tengah), padahal tanaman ini juga tumbuh dengan subur di negeri ini. Di Bida Agro Mandiri, daun bidara tersedia baik berupa bibit tanaman, daun kering (simplisia), serbuk, ekstrak maupun produk jadi berupa Shampo Bidara. Inilah yang menarik pihak Trans7 untuk mengangkat topik tentang daun bidara ini dalam program Laptop Si Unyil edisi bulan Ramadhan.

bidaraTentu saja ini bukan hal baru bagi Bina Agro Mandiri karena ini merupakan ke empat kalinya program Si Unyil bekerja sama dengan Bina Agro Mandiri. Adapun syuting tentang daun bidara berlangsung pada awal Juli 2014 selama 1 hari di kebun dan pabrik Bina Agro Mandiri. Seperti sebelumnya, Si Unyil tampil bersama anak-anak di lingkungan sekitar Bina Agro Mandiri. Meski dilakukan pada saat puasa, anak-anak tetap antusias mengikuti jalannya syuting. Bagaimana tidak, Selain bisa bermain dengan karakter si Unyil, anak-anak juga bisa mempelajari proses pengolahan daun bidara menjadi berbagai macam produk dari simplisia, serbuk, ekstrak hingga shampo.

 

 

bidaraKegiatan dimulai saat anak-anak bersama karakter Si Unyil memetik daun bidara. Pastinya cara memetik daun bidara yang benar karena tanaman bidara dipenuhi dengan duri dan jika tidak berhati-hati akan membuat tangan terluka karena tertusuk duri.Kegiatan selanjutnya adalah mencuci daun yang telah dipetik dan men-sortirnya, kemudian dikeringkan di bawah sinar matahari namun hasil daunnya masih tetap hijau.

Proses selanjutnya adalah penggilingan daun bidara yang kering agar menjadi serbuk halus baik untuk dikemas maupun dibuat ekstrak. Kemudian kegiatan beralih pada pembuatan shampoo bidara dari proses pencampuran sampai labeling botol.

 

bidaraProgram Si Unyil ini tidak hanya bermanfaat bagi anak-anak ikut serta dalam proses syuting tapi juga bermanfaat bagi masyarakat luas yang menonton acara tersebut. Program ini membantu kita untuk mengetahui proses produksi mulai dari memanen daun bidara hingga melakukan proses produksi menjadi produk-produk yang siap untuk dipasarkan. Bagi Bina Agro Mandiri, kerjasama dengan Si Unyil menjadi suatu media dan sarana untuk membantu memberikan informasi tentang tanaman herbal yang bermanfaat bagi masyarakat.

Liputan ini sudah ditayangkan pada hari Senin, 14 Juli 2014 pada pukul 12.45 di Trans7. Berikut Videonya :